SKALA PSIKOLOGIS SIKAP SOSIAL
SIKAP
SOSIAL
A.
Dasar
Teori
Menurut Sarnoff (dalam
Sarwono, 2000: 69) mengidentifikasikan sikap sebagai kesediaan untuk bereaksi (disposition to react) secara
positif (favorably) atau secara negatif (unfavorably)
terhadap obyek – obyek tertentu. D.Krech dan R.S Crutchfield (dalam Sarwono, 2010:
115) berpendapat bahwa sikap sebagai organisasi yang bersifat menetap dari
proses motivasional, emosional, perseptual, dan kognitif mengenai aspek dunia
individu.
Sedangkan Sri Utami (2003: 85) memberikan definisi sikap sebagai suatu pola perilaku, tendensi atau kesiapan
antisipatif, predisposisi untuk menyesuaikan diri dalam situasi sosial, atau
secara sederhana, sikap adalah respon terhadap stimuli sosial yang telah
terkondisikan. Lebih lanjut Soetjipto dan Sjaefieoden (1994: 96) memberikan definisi sikap adalah pandangan atau
perasaan yang disertai kecenderungan untuk bertindak terhadap obyek tertentu.
Sikap senantiasa diarahkan kepada sesuatu artinya tidak ada sikap tanpa obyek.
Sikap diarahkan kepada benda-benda, orang, peritiwa, pandangan, lembaga, norma
dan lain-lain.
Meskipun ada beberapa perbedaan pengertian sikap, tetapi
berdasarkan pendapat-pendapat tersebut di atas maka dapat disimpulkan bahwa sikap
adalah keadaan diri dalam manusia yang menggerakkan untuk bertindak atau
berbuat dalam kegiatan sosial dengan perasaan tertentu di dalam menanggapi
obyek situasi atau kondisi di lingkungan sekitarnya. Selain itu sikap juga
memberikan kesiapan untuk merespon yang sifatnya positif atau negatif terhadap
obyek atau situasi.
1. Definisi
Operasional dan Penentuan Kisi-kisi
a.
Definisi
operasional
Sikap sosial yang dianalisa dalam penelitian ini juga
meliputi aspek-aspek empati (meliputi kemampuan untuk merasakan keadaan
emosional orang lain, merasa simpatik dan mencoba menyelesaikan masalah dan
mengambil perspektif orang lain), altruis (meliputi sikap mengutamakan
kepentingan orang lain dalam konsep mencintai sesama manusia. Sikap ini kadang
terwujud dalam keputusan rela mengorbankan sesuatu untuk kepentingan orang
lain), toleransi (meliputi kemampuan untuk menerima teman dalam kondisi dan
latar belakang apapun. Anak yang seperti ini tidak memilih-milih siapa pun yang
akan menjadi temannya), kooperatif (meliputi kemampuan kerjasama dengan orang
yang ada di sekirarnya termasuk bekerjasama dengan teman untuk mengerjakan
tugas di sekolah), sikap terhadap keluarga (meliputi sikapnya di lingkungan
rumah terhadap anggota keluarga yang lain), dan sikap terhadap lingkungan
(lingkungan luar yang paling dekat dengan anak adalah lingkungan sekolah. Dalam
penelitian ini juga dinilai sikap sosial anak terhadap lingkungan di luar
sekolah seperti teman sekitar rumah atau teman di luar lainnya.
B.
Kisi-kisi Skala Psikologis Pemilihan Karir
No
|
Indikator
|
Jumlah Soal
|
Butir Soal
|
1
|
Empati
|
5
|
1,2,3,4,5
|
2
|
Altruisme
|
5
|
6,7,8,9,10
|
3
|
Toleransi
|
5
|
11,12,13,14,15
|
4
|
Kooperatif
|
5
|
16,17,18,19,20
|
5
|
Sikap terhadap keluarga
|
5
|
21,22,23,24,25
|
6
|
Sikap terhadap lingkungan
|
5
|
26,27,28,29,30
|
A. IDENTITAS
RESPONDEN
1. Nama
Responden :
2. Umur
Responden :
3. Jenis
Kelamin : a. Laki-laki
/Perempuan
B. PETUNJUK
1. Bacalah
baik-baik setiap pernyataan berikut dan pilihlah salah satu jawaban yang sesuai
dengan keadaan anda dengan memberikan tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau
d.
2. Dalam
pengisian angket ini, anda tidak perlu ragu-ragu karena dalam angket tidak ada
jawaban yang dianggap salah. Semua jawaban dapat diterima sepanjang jawaban
tersebut diberikan secara jujur dan sungguh-sungguh.
3. Kami
berharap anda menjawab semua pernyataan yang ada, jangan sampai ada yang
dilewatkan atau dikosongi.
1. Saya
merasa kasihan jika ada teman yang sedang kesusahan atau sedang sedih dan
berusaha memberikan bantuan
a Selalu
|
b Sering
|
c
Kadang-kadang
|
d Tidak
Peranh
|
2. Saya
tidak pernah acuh dengan teman yang sedang murung
a Selalu
|
b Sering
|
c
Kadang-kadang
|
d Tidak
Peranh
|
3. Saya
senang memeluk ayah yang baru pulang bekerja
a Selalu
|
b Sering
|
c
Kadang-kadang
|
d Tidak
Peranh
|
4. Saya
tahu kalau ayah atau ibu sedang bersedih
a Selalu
|
b Sering
|
c
Kadang-kadang
|
d Tidak Peranh
|
5. Saya
tidak bermain jika ibu sedang sakit.
a Selalu
|
b Sering
|
c
Kadang-kadang
|
d Tidak
Peranh
|
6. Saya
membolehkan jika ayah atau ibu meminjam uang tabungan saya.
a Selalu
|
b Sering
|
c
Kadang-kadang
|
d Tidak
Peranh
|
7. Saya
selalu senang dibelikan tas yang tidak mahal asalkan kakak atau adik juga bisa
dibelikan.
a Selalu
|
b Sering
|
c
Kadang-kadang
|
d Tidak
Peranh
|
8. Saya
tidak pernah berebut acara TV dengan adik atau pun kakak atau pun dengan
siapapun.
a Selalu
|
b Sering
|
c
Kadang-kadang
|
d Tidak
Peranh
|
9. Saya
tidak pernah marah jika mainan rusak karena dipinjam oleh teman.
a Selalu
|
b Sering
|
c
Kadang-kadang
|
d Tidak
Peranh
|
10. Saya
memberikan sebagian uang jajan kepada teman yang tidak punya uang jajan atau
uang jajannya sangat sedikit.
a Selalu
|
b Sering
|
c
Kadang-kadang
|
d Tidak
Peranh
|
11. Saya
berteman dengan siapapun meskipun berbeda agama
a Selalu
|
b Sering
|
c
Kadang-kadang
|
d Tidak
Peranh
|
12. Saya mau
dipasangkan kerja kelompok dengan teman manapun yang dipilih atau ditentukan
oleh guru.
a Selalu
|
b Sering
|
c
Kadang-kadang
|
d Tidak
Peranh
|
13. Saya
tidak pernah menghina atau menghindari teman yang berbeda agama.
a Selalu
|
b Sering
|
c
Kadang-kadang
|
d Tidak Peranh
|
14. Saya
tidak pilih pilih dalam berteman, dengan siapapun saya mau berteman.
a Selalu
|
b Sering
|
c
Kadang-kadang
|
d Tidak
Peranh
|
15. Saya
menghargai dan tidak pernah marah kepada teman yang memiliki pendapat berbeda.
a Selalu
|
b Sering
|
c
Kadang-kadang
|
d Tidak
Peranh
|
16. Saya
suka melakukan kerja kelompok.
a Selalu
|
b Sering
|
c
Kadang-kadang
|
d Tidak
Peranh
|
17. Saya
bisa bekerja sama dengan teman dalam menjalankan tugas sekolah.
a Selalu
|
b Sering
|
c
Kadang-kadang
|
d Tidak Peranh
|
18. Saya
mematuhi peraturan yang ada di sekolah.
a Selalu
|
b Sering
|
c
Kadang-kadang
|
d Tidak
Peranh
|
19. Saya
manjawab dengan jujur dan apa adanya jika diberikan pertanyaan oleh guru baik
menyangkut sekolah atau pun yang lainnya.
a Selalu
|
b Sering
|
c
Kadang-kadang
|
d Tidak
Peranh
|
20. Saya
menjalankan kewajiban saya sebagai anak sekolah yang ingin memiliki prestasi
bagus.
a Selalu
|
b Sering
|
c
Kadang-kadang
|
d Tidak
Peranh
|
21. Saya
berkata sopan dan santun kepada kedua orang tua.
a Selalu
|
b Sering
|
c
Kadang-kadang
|
d Tidak
Peranh
|
22. Saya
selalu bersikap baik kepada kedua orang tua serta kakak dan adik.
a Selalu
|
b Sering
|
c
Kadang-kadang
|
d Tidak
Peranh
|
23. Saya
mematuhi apa yang diperintah dan apa yang dilarang oleh kedua orang tua.
a Selalu
|
b Sering
|
c
Kadang-kadang
|
d Tidak
Peranh
|
24. Saya
menjalankan dengan disiplin kapan jam bermain dan kapan jam pulang.
a Selalu
|
b Sering
|
c
Kadang-kadang
|
d Tidak
Peranh
|
25. Saya
suka dan patuh terhadap nasehat orang tua.
a Selalu
|
b Sering
|
c
Kadang-kadang
|
d Tidak
Peranh
|
26. Saya
sopan santun terhadap orang yang lebih tua.
a Selalu
|
b Sering
|
c
Kadang-kadang
|
d Tidak
Peranh
|
27. Saya tidak
pernah melakukan tindakan yang merugikan atau membuat marah orang lain seperti
menyalakan petasan atau merusak tanaman.
a Selalu
|
b Sering
|
c
Kadang-kadang
|
d Tidak
Peranh
|
28. Saya
berusaha menjadi anak yang menyenangkan.
a Selalu
|
b Sering
|
c
Kadang-kadang
|
d Tidak
Peranh
|
29. Saya
tidak malas jika dimintai tolong untuk melakukan sesuatu oleh tetangga.
a Selalu
|
b Sering
|
c
Kadang-kadang
|
d Tidak
Peranh
|
30. Saya
tidak selalu hati-hati dan tidak pernah menggunakan benda apa pun yang bukan
miliki saya tanpa ijin.
a Selalu
|
b Sering
|
c
Kadang-kadang
|
d Tidak
Peranh
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar