Senin, 24 Oktober 2016

ANGKET SIKAP SOSIAL



SKALA PSIKOLOGIS SIKAP SOSIAL


SIKAP SOSIAL
A.    Dasar Teori
Menurut Sarnoff  (dalam Sarwono, 2000: 69) mengidentifikasikan sikap sebagai kesediaan untuk bereaksi (disposition to react) secara positif  (favorably) atau secara negatif (unfavorably) terhadap obyek – obyek tertentu. D.Krech dan R.S Crutchfield (dalam Sarwono, 2010: 115) berpendapat bahwa sikap sebagai organisasi yang bersifat menetap dari proses motivasional, emosional, perseptual, dan kognitif mengenai aspek dunia individu.
Sedangkan Sri Utami (2003: 85) memberikan definisi sikap sebagai suatu pola perilaku, tendensi atau kesiapan antisipatif, predisposisi untuk menyesuaikan diri dalam situasi sosial, atau secara sederhana, sikap adalah respon terhadap stimuli sosial yang telah terkondisikan. Lebih lanjut Soetjipto dan Sjaefieoden (1994: 96) memberikan definisi sikap adalah pandangan atau perasaan yang disertai kecenderungan untuk bertindak terhadap obyek tertentu. Sikap senantiasa diarahkan kepada sesuatu artinya tidak ada sikap tanpa obyek. Sikap diarahkan kepada benda-benda, orang, peritiwa, pandangan, lembaga, norma dan lain-lain.
Meskipun ada beberapa perbedaan pengertian sikap, tetapi berdasarkan pendapat-pendapat tersebut di atas maka dapat disimpulkan bahwa sikap adalah keadaan diri dalam manusia yang menggerakkan untuk bertindak atau berbuat dalam kegiatan sosial dengan perasaan tertentu di dalam menanggapi obyek situasi atau kondisi di lingkungan sekitarnya. Selain itu sikap juga memberikan kesiapan untuk merespon yang sifatnya positif atau negatif terhadap obyek atau situasi.
1.  Definisi Operasional dan Penentuan Kisi-kisi
a.         Definisi operasional
Sikap sosial yang dianalisa dalam penelitian ini juga meliputi aspek-aspek empati (meliputi kemampuan untuk merasakan keadaan emosional orang lain, merasa simpatik dan mencoba menyelesaikan masalah dan mengambil perspektif orang lain), altruis (meliputi sikap mengutamakan kepentingan orang lain dalam konsep mencintai sesama manusia. Sikap ini kadang terwujud dalam keputusan rela mengorbankan sesuatu untuk kepentingan orang lain), toleransi (meliputi kemampuan untuk menerima teman dalam kondisi dan latar belakang apapun. Anak yang seperti ini tidak memilih-milih siapa pun yang akan menjadi temannya), kooperatif (meliputi kemampuan kerjasama dengan orang yang ada di sekirarnya termasuk bekerjasama dengan teman untuk mengerjakan tugas di sekolah), sikap terhadap keluarga (meliputi sikapnya di lingkungan rumah terhadap anggota keluarga yang lain), dan sikap terhadap lingkungan (lingkungan luar yang paling dekat dengan anak adalah lingkungan sekolah. Dalam penelitian ini juga dinilai sikap sosial anak terhadap lingkungan di luar sekolah seperti teman sekitar rumah atau teman di luar lainnya.
B.     Kisi-kisi Skala Psikologis Pemilihan Karir
No
Indikator
Jumlah Soal
Butir Soal
1
Empati
5
1,2,3,4,5
2
Altruisme
5
6,7,8,9,10
3
Toleransi
5
11,12,13,14,15
4
Kooperatif
5
16,17,18,19,20
5
Sikap terhadap keluarga
5
21,22,23,24,25
6
Sikap terhadap lingkungan
5
26,27,28,29,30

A.    IDENTITAS RESPONDEN
1.      Nama Responden        :
2.      Umur Responden        :
3.      Jenis Kelamin              :     a.   Laki-laki /Perempuan                                     

B.     PETUNJUK
1.      Bacalah baik-baik setiap pernyataan berikut dan pilihlah salah satu jawaban yang sesuai dengan keadaan anda dengan memberikan tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d.
2.      Dalam pengisian angket ini, anda tidak perlu ragu-ragu karena dalam angket tidak ada jawaban yang dianggap salah. Semua jawaban dapat diterima sepanjang jawaban tersebut diberikan secara jujur dan sungguh-sungguh.
3.      Kami berharap anda menjawab semua pernyataan yang ada, jangan sampai ada yang dilewatkan atau dikosongi.

1.      Saya merasa kasihan jika ada teman yang sedang kesusahan atau sedang sedih dan berusaha memberikan bantuan 
a    Selalu
b    Sering
c    Kadang-kadang
d   Tidak Peranh

2.      Saya tidak pernah acuh dengan teman yang sedang murung
a    Selalu
b    Sering
c    Kadang-kadang
d   Tidak Peranh
3.      Saya senang memeluk ayah yang baru pulang bekerja
a    Selalu
b    Sering
c    Kadang-kadang
d   Tidak Peranh
4.      Saya tahu kalau ayah atau ibu sedang bersedih
a    Selalu
b    Sering
c    Kadang-kadang
d   Tidak Peranh
5.      Saya tidak bermain jika ibu sedang sakit.
a    Selalu
b    Sering
c    Kadang-kadang
d   Tidak Peranh
6.      Saya membolehkan jika ayah atau ibu meminjam uang tabungan saya.
a    Selalu
b    Sering
c    Kadang-kadang
d   Tidak Peranh
7.      Saya selalu senang dibelikan tas yang tidak mahal asalkan kakak atau adik juga bisa dibelikan.
a    Selalu
b    Sering
c    Kadang-kadang
d   Tidak Peranh
8.      Saya tidak pernah berebut acara TV dengan adik atau pun kakak atau pun dengan siapapun.
a    Selalu
b    Sering
c    Kadang-kadang
d   Tidak Peranh
9.      Saya tidak pernah marah jika mainan rusak karena dipinjam oleh teman.
a    Selalu
b    Sering
c    Kadang-kadang
d   Tidak Peranh
10.  Saya memberikan sebagian uang jajan kepada teman yang tidak punya uang jajan atau uang jajannya sangat sedikit.
a    Selalu
b    Sering
c    Kadang-kadang
d   Tidak Peranh
11.  Saya berteman dengan siapapun meskipun berbeda agama
a    Selalu
b    Sering
c    Kadang-kadang
d   Tidak Peranh
12.  Saya mau dipasangkan kerja kelompok dengan teman manapun yang dipilih atau ditentukan oleh guru.
a    Selalu
b    Sering
c    Kadang-kadang
d   Tidak Peranh
13.  Saya tidak pernah menghina atau menghindari teman yang berbeda agama.
a    Selalu
b    Sering
c    Kadang-kadang
d   Tidak Peranh
14.  Saya tidak pilih pilih dalam berteman, dengan siapapun saya mau berteman.
a    Selalu
b    Sering
c    Kadang-kadang
d   Tidak Peranh
15.  Saya menghargai dan tidak pernah marah kepada teman yang memiliki pendapat berbeda.
a    Selalu
b    Sering
c    Kadang-kadang
d   Tidak Peranh
16.  Saya suka melakukan kerja kelompok.
a    Selalu
b    Sering
c    Kadang-kadang
d   Tidak Peranh
17.  Saya bisa bekerja sama dengan teman dalam menjalankan tugas sekolah.
a    Selalu
b    Sering
c    Kadang-kadang
d   Tidak Peranh
18.  Saya mematuhi peraturan yang ada di sekolah.
a    Selalu
b    Sering
c    Kadang-kadang
d   Tidak Peranh
19.  Saya manjawab dengan jujur dan apa adanya jika diberikan pertanyaan oleh guru baik menyangkut sekolah atau pun yang lainnya.
a    Selalu
b    Sering
c    Kadang-kadang
d   Tidak Peranh
20.  Saya menjalankan kewajiban saya sebagai anak sekolah yang ingin memiliki prestasi bagus.
a    Selalu
b    Sering
c    Kadang-kadang
d   Tidak Peranh
21.  Saya berkata sopan dan santun kepada kedua orang tua.
a    Selalu
b    Sering
c    Kadang-kadang
d   Tidak Peranh
22.  Saya selalu bersikap baik kepada kedua orang tua serta kakak dan adik.
a    Selalu
b    Sering
c    Kadang-kadang
d   Tidak Peranh
23.  Saya mematuhi apa yang diperintah dan apa yang dilarang oleh kedua orang tua.
a    Selalu
b    Sering
c    Kadang-kadang
d   Tidak Peranh
24.  Saya menjalankan dengan disiplin kapan jam bermain dan kapan jam pulang.
a    Selalu
b    Sering
c    Kadang-kadang
d   Tidak Peranh
25.  Saya suka dan patuh terhadap nasehat orang tua.
a    Selalu
b    Sering
c    Kadang-kadang
d   Tidak Peranh
26.  Saya sopan santun terhadap orang yang lebih tua.
a    Selalu
b    Sering
c    Kadang-kadang
d   Tidak Peranh
27.  Saya tidak pernah melakukan tindakan yang merugikan atau membuat marah orang lain seperti menyalakan petasan atau merusak tanaman.
a    Selalu
b    Sering
c    Kadang-kadang
d   Tidak Peranh
28.  Saya berusaha menjadi anak yang menyenangkan.
a    Selalu
b    Sering
c    Kadang-kadang
d   Tidak Peranh
29.  Saya tidak malas jika dimintai tolong untuk melakukan sesuatu oleh tetangga.
a    Selalu
b    Sering
c    Kadang-kadang
d   Tidak Peranh
30.  Saya tidak selalu hati-hati dan tidak pernah menggunakan benda apa pun yang bukan miliki saya tanpa ijin.
a    Selalu
b    Sering
c    Kadang-kadang
d   Tidak Peranh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar